Musyawarah Antar Desa Pelaksanaan Transformasi BKD

  12 Desember 2018  |  DESA CLURING

Delegasi Desa Cluring yang dipimpin oleh Sekretaris Desa Bapak Danusworo, S.T , Siang tadi Rabu (12/12) mengikuti musyawarah antar desa transformasi BKD di Gedung Wanita Kabupaten Banyuwangi. Transformasi ini bertujuan untuk penguatan dan menghidupkan lagi fungsi dari BKD sehingga diharapkan untuk Tahun 2019 dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Desa. Dalam musyawarah tersebut desa diminta untuk terus berkoordinasi dengan BKD , sehingga terjalin sinergitas antara pemerintah desa dan BKD ini. Selama ini memang peran BKD belum terasa maksimal mengingat banyak beberapa permasalahan yang dihadapi oleh petugas BKD. 

Langkah membentuk BUMDes Bersama berhasil dilakukan di Kabupaten Banyuwangi. Sebanyak 65 desa di kabupaten paling Timur pulau Jawa ini sepakat membawa Badan Kredit Desa se Kabupaten bertransformasi alias beralih bentuk menjadi BUMDes Bersama. Kesepakatan yang diambil beberapa bulan lalu itu kini sudah memasuki pola BUMDes Bersama. Kesepakatan itu melibatkan seluruh desa dan kelurahan di Banyuwangi. Dengan demikian, sebanyak 65 kepala desa dan 20 kelurahan di kabupaten ini kini memiliki BUMDes Bersama dalam bentuk lembaga keuangan. 

Tak mudah mencapai titik kesepakatan bersama melahirkan BUMDes Bersama. Selain pemahaman mengenai BUMDes yang berbeda satu sama lain, BUMDes Bersama mempersyaratkan beberapa proses musyawarah. Pertama, Musyawarah desa yang harus digelar masing-masing desa. Dalam musyawarah itu desa harus membentuk Badan Kerjasama Antar Desa khusus untuk melakukan konsolidasi dengan desa-desa lainnya. Proses ini sesuai dengan amanat UU yang berlaku.

Contact Details

  Alamat :   JALAN RAYA CLURING NO. 05
  Email : desacluring.bwi@gmail.com
  Telp. : (0333) 398635
  Instagram : pemdescluringbwi
  Facebook : pemdescluring
  Twitter : CLURINGBWI


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi